TURBIN
GAS
Siklus dan Efisiensi
proses signifikan yang telah dibuat dalam
peningkatan efisiensi panas pada siklus sedderhana turbin gas untuk mendorong
kapal selama bertahun-tahun. R dan D mencoba untuk meningkatkan ekonomi
part-load dan mengurangi biaya bahan bakar dibandingkan dengan memiliki mesin
diesel. Pada tahun 1960 turbingas kapal memiliki efisiensi kira-kira 25% dari
nilai kekuatannya, ketika generasi kedua aero derivatives diperkenalkan pada
tahun 1970 dengan efisiensi sekitar 35%. Manfaat berikutnya desain terbaru, bahan dan teknik pendinginan
baru, dan kesepadanan yang tepat pada ratio tekanan kompresor memiliki hasul
yang yang lebih besar pada beberapa siklus sederhana turbin yang besar mencapai
lebih 40%, gambar 31,5
gambar 31,5
perbandingan kurva konsumsi bahan bakar dengan siklus turbin gas dan mesin
diesel two-stroke dengan kecepatan rendah.
Siklus gas turbin yang lebih
kompleks dapat mengantarkan pada pendekatan konsumsi bahan bakar yang secara
lebih dekatdengan karakteristik kurva yang lebih landai pada mesin diesel yang
lebih besar. Efisiensi part load dapatdapat
ditingkatkan dengan berbagai cara, khususnya melalui siklus intercooled
recuperated (TCR) dengan menggunakan alat pembuangan uap atau gas untuk
memanaskan combuster inlet (figure 31.6). metode ini dipilih pada turbin gas
wr-21(dirinci pada sesi rolls-royce berikut). Dimana telah mencapai efisiensi
panas 40% pada jarak operasi 80% (siklus lanjutan pertama turbin gas
rollis-roys RM60 teleh beroperasi pada HMS grey Goose selama 4 tahun dari 1953.
Sungguh sial, kerumitan tekhnis intercooling recuperation, komersil, tetapi
turbin terbukti reliable dan efisien selama pelayanan singkat secara koperatif.
Gambar Skema tata letak 31,6 intercooled-sembuh (ICR) siklus dan sederhana-siklus gas
turbin (Rolls-Royce)
contohnya sendiri
aero MQ-8 yang diturunkan dari turbin gas yang dikembangkan untuk kelautan digunakan (lihat di bawah). Desainer Jepang menyelidiki berbagai
metode
meningkatkan efisiensi dan daya termal output serupa tingkat seperti yang dari mesin diesel, dengan fokus pada enam turbin gas siklus konfigurasi (Gambar 31,7):
meningkatkan efisiensi dan daya termal output serupa tingkat seperti yang dari mesin diesel, dengan fokus pada enam turbin gas siklus konfigurasi (Gambar 31,7):
Gambar 31,7 siklus turbin gas
Berbagai konfigurasi (Mitsubishi)
Pounder'S MARINE
DIESEL ENGINES DAN turbin gas
- Wikipedia siklus:
layout standar yang terdiri dari kompresor, turbin dan combustor.
- Intercooled siklus: sebagai untuk siklus sederhana tapi dengan intercooler ditambahkan untuk meningkatkan kinerja melalui pengurangan tinggi kompresor tekanan kekuasaan.
- Intercooled sembuh siklus: seperti pada siklus intercooled tetapi dengan yang dipasang untuk memulihkan recuperator panas dari turbin gas knalpot ke saluran masuk combustor.
- Panaskan kembali siklus: seperti untuk siklus sederhana tapi dengan panaskan combustor ditambahkan hilir dari turbin tekanan tinggi.
- Intercooled siklus: sebagai untuk siklus sederhana tapi dengan intercooler ditambahkan untuk meningkatkan kinerja melalui pengurangan tinggi kompresor tekanan kekuasaan.
- Intercooled sembuh siklus: seperti pada siklus intercooled tetapi dengan yang dipasang untuk memulihkan recuperator panas dari turbin gas knalpot ke saluran masuk combustor.
- Panaskan kembali siklus: seperti untuk siklus sederhana tapi dengan panaskan combustor ditambahkan hilir dari turbin tekanan tinggi.
- Panaskan
intercooled siklus: kombinasi intercooled dan panaskan siklus konfigurasi.
- Gabungan siklus: sebuah siklus turbin uap bottoming ditambahkan ke simplecycle turbin gas.
- Gabungan siklus: sebuah siklus turbin uap bottoming ditambahkan ke simplecycle turbin gas.
Kondisi utama yang
diubah dengan memvariasikan siklus, MHI menjelaskan,
adalah masuk turbin tekanan suhu dan rasio (1.150 ∞
C dan 20:1 masing-masing dalam kasus MQ-8 siklus sederhana turbin gas). Studi parametrik dilakukan untuk menetapkan kinerja optimal dari setiap siklus, dalam batas-batas dari apa
praktis dapat dicapai dalam hal suhu dan tekanan. Dengan ini dalam pikiran, knalpot turbin maksimum suhu dari
600 ∞ C ditentukan,
dan tekanan rasio untuk efisiensi maksimum dan maksimum kekuasaan yang ditentukan untuk setiap siklus.
Efisiensi tertinggi
dan kekuasaan itu diperoleh dengan gabungan pilihan siklus, yang memiliki keuntungan lebih lanjut dari rasio
tekanan bahkan lebih rendah dari siklus sederhana. Kerugian utama
dari siklus kombinasi "adalah
fakta bahwa pemulihan panas generator uap fisik besar dan mengandung komponen yang sangat
berat. Meskipun ini tidak selalu menjadi masalah
dalam aplikasi industri, di mana siklus gabungan umumnya digunakan, itu adalah kerugian besar dalam
instalasi laut.
MHI's penyelidikan
disukai yang intercooled siklus sembuh, yang
menunjukkan efisiensi tinggi dan daya output hanya kedua untuk siklus gabungan. Selain itu, efisiensi maksimum dan
maksimum kekuasaan itu identik, pada rasio tekanan
dicapai tokoh dari 20 dalam setiap kasus. Dalam non-sederhana siklus dua rasio tekanan nilai-nilai yang jauh terpisah, dengan satu atau lain dari
nilai-nilai yang lebih tinggi dari 20, suatu
perbandingan yang praktis incurs banyak kerugian. Satunya ICR masalah dengan siklus, menurut MHI, adalah bahwa
kedua biaya dan
ukuran recuperator harus dikurangi untuk membuatnya lebih diterapkan pada turbin gas laut.
Meskipun variasi
tekanan atmosfer, yang penting pertimbangan untuk aero turbin gas, relatif
kecil untuk laut unit yang beroperasi pada permukaan laut baik suhu dan kelembaban
dapat bervariasi signifikan. Kedua parameter
tersebut mempengaruhi panas spesifik udara sebagai fluida kerja di dalam turbin
gas. Variasi atmosfer dapat
berpengaruh signifikan pada efisiensi termal dan bahan bakar spesifik konsumsi.
Suhu udara meningkat, khususnya, mengurangi
efisiensi dan menurunkan ekonomi bahan bakar; memiliki kelembaban relatif
kurang pengaruh signifikan, walaupun pada temperatur inlet tinggi kenaikan dalam
kelembaban akan memiliki efek buruk pada konsumsi bahan bakar spesifik.
Kondisi utama yang
diubah dengan memvariasikan siklus, MHI
menjelaskan adalah masuk turbin
tekanan suhu dan rasio (1.150 ∞ C dan 20:1 masing-masing dalam kasus MQ-8
siklus sederhana turbin gas). Studi
parametrik dilakukan untuk menetapkan kinerja optimal dari setiap siklus,
dalam batas-batas dari apa praktis dapat dicapai dalam
hal suhu dan tekanan. Dengan ini dalam pikiran, knalpot turbin maksimum suhu dari 600 ∞ C ditentukan,
dan tekanan rasio untuk efisiensi maksimum dan maksimum kekuasaan yang ditentukan
untuk setiap siklus Efisiensi tertinggi dan kekuasaan itu diperoleh dengan gabungan pilihan
siklus, yang memiliki keuntungan lebih lanjut dari rasio tekanan bahkan lebih
rendah dari siklus sederhana. Kerugian utama dari combined cycle "adalah fakta bahwa pemulihan
panas generator uap fisik besar dan mengandung komponen yang sangat berat.
Meskipun ini tidak selalu menjadi masalah dalam aplikasi
industri, di mana siklus gabungan umumnya digunakan, itu adalah kerugian besar alam
instalasi laut.
instalasi laut.
KESIMPULAN
Siklus gas turbin
yang lebih kompleks dapat mengantarkan pada pendekatan konsumsi bahan bakar
yang secara lebih dekatdengan karakteristik kurva yang lebih landai pada mesin
diesel yang lebih besar. Efisiensi part load dapatdapat ditingkatkan dengan
berbagai cara, khususnya melalui siklus intercooled recuperated (TCR) dengan
menggunakan alat pembuangan uap atau gas untuk memanaskan combuster inlet
Kondisi utama yang
diubah dengan memvariasikan siklus, MHI menjelaskan,
adalah masuk turbin tekanan suhu dan rasio (1.150 ∞
C dan 20:1 masing-masing dalam kasus MQ-8 siklus sederhana turbin gas). Efisiensi tertinggi dan kekuasaan itu diperoleh
dengan gabungan pilihan siklus, yang memiliki keuntungan
lebih lanjut dari rasio tekanan bahkan lebih rendah
dari siklus sederhana. Kerugian utama dari siklus kombinasi "adalah fakta bahwa pemulihan
panas generator uap fisik besar dan mengandung komponen yang sangat berat.
Meskipun variasi
tekanan atmosfer, yang penting pertimbangan untuk aero turbin gas, relatif
kecil untuk laut unit yang beroperasi pada permukaan laut baik suhu dan
kelembaban dapat bervariasi signifikan.
0 komentar:
Posting Komentar